Overclock PC Lewat Android

JAKARTA, SENIN – Percaya nggak kalau ada yang bilang bisa mengoverclock (meningkatkan kecepatan) PC hanya dari ponsel Android? Kalau tidak, mulai hari ini sebaiknya kamu mulai percaya. MSI, produsen komponen PC, memastikan hal itu mungkin dilakukan.

Di ajang Computex 2011 lalu, MSI memamerkan versi Android dari utiliti Afterburner miliknya. Khusus untuk versi Android ini, MSI mengembangkannya bersama Nick Connors, seorang programmer kenamaan yang banyak menghasilkan aplikasi mobile. Sekadar informasi saja, Afterburner adalah sebuah utilitas yang digunakan untuk melakukan overclocking kartu grafis.

 

Afterburner Android dikatakan bisa melakukan pengaturan setting overclock atau melakukan pemantauan (monitoring) dari setelan Afterburner di PC termasuk memantau suhu, voltase dan kecepatan putaran kipas. Hebatnya, utilitas ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan tegangan (overvoltage) selain overclocking. Wifi adalah jalur koneksi utama yang dipakai aplikasi Android ini untuk berkomunikasi.

Salah satu keuntungan menggunakan aplikasi Android ini adalah dimungkinkannya melakukan perubahan kecepatan sistem tanpa harus menutup aplikasi yang sedang berjalan, semisal game atau aplikasi penguji kecepatan PC (benchmark software). Bahkan, jika sedang tidak berhadapan langsung dengan PC pun, kita masih bisa melakukan penyesuaian terhadap setelan di Afterburner PC.

Untuk bisa melakukan kontrol dengan Afterburner versi Android ini pengguna PC juga harus menginstall Afterburner versi PC supaya keduanya bisa berkomunikasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s