membuat ping CMD (Optimalkan Kecepatan Koneksi Internet part 2)

– PENGENALAN MASALAH

Mungkin trik ini sudah ada sebelumnya, tapi belum ada yang  menjelaskannya secara spesifik bagaimana trik ini bekerja. Tutorial ini  dilatarbelakangi oleh kenyataan pahit yang saya hadapi sendiri sebagai  salah satu pengguna FlexiNet (internet unlimited harian).

Teknologi internet Flexi mengusung CDMA 2000×1, secara teori dapat  mengirim data dengan download max 153,3 kbps dan upload kira-kira max 60  kbps (bedakan dengan 1 Byte = 8 bit). Tetapi pada kenyatannya speed itu  tidak dapat dicapai dengan berbagai faktor seperti: traffic, shaping  dari ISP, signal ataupun jaringan yang digunakan. Saya sebagai pengguna  Flexi dari berbagai tes yang sudah dilakukan kisaran speed untuk Flexi  adalah download 120-130 kbps dan uploadnya 40-50 kbps dan dengan sering  sekali time out(terputus). Dan bagi saya yang tinggal di pinggiran  (kalau tidak mau disebut kampung, hehe) speed itu sudah sangat cukup  dibandingkan dengan operator GSM yang menggusung teknologi GPRS dan EDGE  dimana speed yang didapat maksimal hanya 60 kbps. (walaupun ada yang  lebih tinggi lagi).


PERMASALAHAN
Speed yang didapat dari Flexi itu tidak menjamin kita dapat melakukan  surfing di dunia maya dengan nyaman. Seringkali kita mendapati pesan  time out berulang-ulang pada saat membuka halaman situs. Bahkan beberapa  kasus yang saya alami sendiri harus melakukan proses disconnect  terlebih dahulu dan mulai mencoba koneksi lagi. Tetapi yang menjadi  tanda tanya buat saya sampai sekarang adalah, kenapa kalau kita  melakukan proses download dengan IDM (Internet Download Manager), Flexi  dapat melakukan proses transfer data secara stabil dikisaran 112 hingga  150 kbps? Berbagai trik merombak browser Firefox dn utek-utek registry  Windows telah saya uji coba, juga berbagai macam software peningkat  koneksi internet sudah dicoba tetapi masalah ini tetap sering terjadi  walaupun tidak selamanya terjadi. Biasanya penyakit ini kumat saat pukul  14.00 – 23.00, dan melewati jam tersebut koneksi internet Flexi  cenderung stabil walaupun tidak semestinya seperti itu.

Dengan bantuan ISP lain dari Smart Telecom yang koneksi browsingnya  cukup stabil, saya mulai berselancar di dunia maya mencari solusi  masalah Flexi ini hingga saya dapat menemukan solusinya. Menurut saya,  ternyata logikanya sangat gampang, PING Flexi tidak bagus pada saat  melakukan transfer data dan itulah sebabnya saat dipakai browsing sangat  lambat, sedangkan pada saat download dengan bantuan IDM masalah itu  dapat diatasi oleh IDM karena sifatnya lebih banyak menerima data (RX)  sedangkan pada saat browsing disamping RX yang diperlukan ternyata TX  (mengirim permintaan) sangat menentukan. Inilah masalah yang dihadapi  sebagian besar pengguna Flexi pada waktu-watu tertentu. Permintaan data  lambat sehingga proses browsing menjadi terganggu hingga akhirnya time  out.

– SOLUSI PERMASALAHAN
Untuk mengakali masalah itu kita harus mengusahakan ping dapat terus  berjalan dengan baik jangan sampai idle. Berikut tahapannya :
Buka jendela CMD, (ketikkan CMD pada menu RUN : Win + R), lalu pada jendela CMD ketikkan ipconfig/all lalu enter.
Cari koneksi Flexi anda dan perhatikan berapa DNS server yang dipakai  Flexi, sebagai contoh saya menggunakan DNS Primary 202.134.1.10. Nilai  DNS itulah yang akan kita gunakan pada langkah berikutnya. Ingat jangan  ditutup jendela CMD ini dan biarkan terbuka, kalau ingin menghilangkan  dari tampilan desktop cukup di minimize saja (kalau ping pada DNS  Primary tidak bagus anda dapat mencoba menggunakan DNS Secondary). Dalam  contoh ini saya menggunakan DNS default milik Flexi, tapi anda bisa  juga menggunakan Open DNS atau juga DNS Publik milik Google. Pilih yang  terbaik menurut anda.

Langkah berikutnya adalah kembali mengetikkan perintah pada RUN (win xp)  dan pada Search Programs and Files (Win 7). Ketikkan ping (spasi)  (Server DNS) (spasi) -t. Contoh: ping 202.134.1.10 -t dan tekan enter.secara default bandwith yang di ping adalah 32 bytes, untuk menghemat bandwith menjadi 1 bytes yang di ping, tambahkan kata -l 1 di belakangnya. contoh: ping 202.134.1.10 -t -l 1
Proses ping berlangsung dan akan terus memaksa berlangsung, kalau  terjadi time out akan di-request lagi, sehingga dengan cara ini koneksi  internet sulit tidak akan idle bahkan time out karena proses ping akan  terus berjalan walaupun anda tidak melakukan proses RX dan TX. (Ingat  jendela PING CMD ini jangan ditutup biarkan dia terbuka sehingga proses  ping terus berjalan). Cukup diminimize saja.

agar lebih mudah, anda buat shortcutnya saja, buka notepad Ketikkan: ping (spasi)  (Server DNS) (spasi) -t. Contoh: ping 202.134.1.10 -t lalu anda simpan dengan merubah ekstensi txt menjadi cmd. lalu save di desktop. setiap kali anda baru konek, tinggal klik saja file terebut lalu di minimizekn deh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s